Rabu, 14 September 2011

Home » keTiKa ciNta MenyaPa....

keTiKa ciNta MenyaPa....

CINTA…kata yang satu ini selalu ditunggu, diminta, dicari, dikejar, bahkan diperdagangkan lebih dari itu ada pula yang menistakannya..naudzubillah min dzalik..! hidup dan kehidupan bermuasal karena cinta.. karena kecintaan Rabb atas makhluknya Ia menjadikan yang tiada menjadi ada dan kemudian meniadakan yang ada menjadi tiada, lagi-lagi semua karena cinta.
Cinta dunia membuat kita lupa akan akherat tempat semua keabadian tinggal, ketika mengejar cinta kepada selainNya, kita lupa pada Dia Rabb yang Maha Mencinta. Menangis kadang, tertawa, lengah kemudian lalai..dan akhirnya frustasi inilah yang sering kali terjadi pada para pencari cinta selainNya, padahal disana ada Dia-Allah yang ketika kau baru saja berniat mencariNya, Ia telah datang menemui, ketika kau baru selangkah mendekatiNya..Dia Allah justru berlari mendekatimu..subhanaallah.. tidakkah kau rasakan getar-getar cinta atas namaNya? Betapa Allah sungguh mencintaimu.. Dia tidak akan pernah meninggalkanmu, kita, siapapun walau hanya selangkah ataupun sedetik..tapi justru kitalah yang seringkali berlari menjauhiNya, astaghfirullah..ampuni kami ya Allah.
Lagi-lagi ketika sedih dan sendiri..betapa Allah SWT ada tuk meringankan beban derita, Dialah
sebaik-baik pendengar dan tempat mengadu, tapi cukupkah dengan mengatakan aku mencintai Allah saja tanpa ada bukti kecintaan kita pada Allah, tunggu dulu, seseorang yang mencinta belum dikatakan mencinta kalau tidak bisa membuktikan rasa cintanya dengan perbuatan, lantas bagaimana membuktikan cinta kita kepada Allah SWT, Qs.Ali Imran:31, ini jawabannya

“Katakanlah: ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.’ Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
[QS. Ali 'Imraan: 31]

Ikutilah semua bentuk ibadah dan amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW secara lurus dan benar dan menjauhkan diri dari semua larangan dan segala bentuk ibadah yang tidak dicontohkan oleh beliau dalam agama ini, sabda Rasulullah SAW “Sesungguhnya Syaithan telah berputus asa ( dalam berusaha ) agar ia disembah di bumimu ini. Tetapi ia ridha apabila ( bisikannya) ditaati dalam hal selain itu; yakni suatu amalan yang kamu anggap remeh dari amalan-amalan kamu, berhati-hatilah kamu sekalian. Sesungguhnya aku telah meninggalkan untukmu , yang jika kamu berpegang kepadanya niscaya kalian tidak akan sesat selama-lamanya. Yaitu: Kitab Allah dan sunnah NabiNya. ” ( HR. Hakim ).
Jalan tercepat menggapai cinta Allah SWT adalah dengan memurnikan tauhid kepada-Nya.
Seseorang yang mencintai Allah senantiasa berdzikir kepada Allah, karena ciri dari seseorang yang mencintai ia selalu menyebut nama yang dicintai, begitupun Allah, Ia selalu mengingat hamba-hambaNya yang berdzikir dan bermunajat kepadaNya. Firman Allah yang artinya :

“Karena itu, berdzikirlah (ingat) kalian kepada-Ku niscaya Aku akan ingat kepada kalian, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kalian mengingkari (nikmat)-Ku”/. [Al-Baqarah: 152]
Sungguh Allah amat senang dan menanti-nanti kembalinya seorang hamba ke padaNya untuk bertobat inilah bukti kecintaan Allah kepada hamba-hambaNya. Rasulullah menggambarkan kesenangan Allah terhadap taubat hambaNya berikut ini
” Allah lebih senang dengan taubat hambaNya daripada seorang yang kehilangan hewan kendaraan di tanah gersang, padahal di kendaraannya ada makanan, minuman dan perangkat berlindungnya, sehingga ia putus asa untuk mendapatkannya, ia tidur di bawah pohon menunggu kematian. Dan ketika ia bangun ia melihat hewan kendaraannya telah terikat dengan tali dipohon (yang ditidurinya). Allah lebih senang dengan tobat hambaNya daripada orang yang menemukan kembali hewan kendaraannya ini.” (HR.Muslim, Ahmad dan ad Darimi)

Jadi kenapa membuang waktu, mari berlomba menggapai cinta Allah SWT.

Tidak ada komentar: